HOMEPendidikan Network IndonesiaTeknologi & PendidikanTeknologi Pendidikan IndonesiaSains & TeknologiMajalah Teknologi IndonesiaBerita Pendidikan IndonesiaPenelitian Indonesia
Teacher ResourcesOur ForumsOur WebsitesHome
Index

HOME

English Language




If you need free hosting for your education data contact us.
(Any Country)

Contoh-Contoh Pengembangan Sekolah
PAKEM, atau MBS Dari Lapangan

Mengirim Informasi Sekolah Anda

[Halaman 1 ] [Halaman 2 ]


Nama & E-mail: Mizan Sya'roni
Saya Guru di Pungging
Tanggal: 22 Nopember 2005
Jenis Pengembangan: MBS
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: Desa Kembangringgit
Informasi:


1. Perkembangan MBS dan PSM sangat maju

  • Paguyuban kelas organisasi orang tua kelas untuk membantu kebutuhan anak belajar dikelas, mulai dari cara duduk anak kelas I dan kebutuhan dalam pembelajaran.
  • Membantu siswa dalam pembelajaran ketrampilan
  • Trasnparansi keuangan dan kinerja guru
2. PSM
  • Komite sekolah bersama sama untuk membuat kegiatan sekolah mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan dan pelaporan.
  • RAPBS dipajang didepan semua pihak bisa melihat langsung dari mana asal keuangan dan digunkan apa keuangan
3. Untuk PAKEM
  • Guru sudah mualai aktif dan kreatif cara mengajar yaitu memberdayaakan siswa untuk melakukan
  • Sumber pembelajaran tidak satu-satunyabuku dari lingkungan sekitar dan menggunkan alat bantu pembelajran sanat sederhana yang dibuat oleh guru dan siswa,
  • Guru tidak lagi mengajar mengurut buku namaum berpedoman pada kurikulum.

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.




Nama & E-mail: Morse Soekendra
Saya Orangtua di Surakarta
Tanggal: 19-Desember-2005
Jenis Pengembangan: PSM
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: SDN 15 Jln Mangkubumen Lor No 16 Solo
Informasi Pengembangan Sekolah:
Kalau sekolah belum ber-MBS-ria gimana ya tapi kisi-kisi dari MBS sudah diterapkan walaupun masih malu-malu kucing terutama takut salah melanggar privacy profesi atau melanggar kewenangan / otoritas kepala sekolah maupun guru jadi batasan MBS terutama untuk PSM disebelah mana ya


Informasi Pengembangan MBS:
MBS secara formal belum diterapkan tapi secara fungsional sudah mulai terjadi baik dari proses penerimaan sampai keterlibatan orang tua dalam mendukung program pendidikan


Informasi Pengembangan PAKEM:
PAKEM OK, karena kegiatan ekstra banyak sekali,berprestasi dan punya nama. (menyanyi, ensamble musuk, MTQ, olah raga dll) Namun benarkah PAKEM itu seperti ini


Informasi Pengembangan PSM:
Ini juga perlu diperjelas lagi PSM utamanya terbatas pada share dana orang tua untuk mendukung pendidikan. Lha PSM dalam bentuk lain apa ya bisa gak tidak menubruk kewenangan guru maupun kepala sekolah

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Sunarto, S.Pd
Saya Guru di SDN 1 Ratamba Kec. Pejawaran
Tanggal: 10 April 2006
Jenis Pengembangan: MBS
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: Ds. Ratamba Kec. Pejawaran Kab. Banjarnegara
Informasi Pengembangan Sekolah:
SDN 1 Ratamba mulai mengembangkan program MBS sejak tahun 2005. memang masih sangat muda di banding dengan sekolah rintisan MBS di daerah Magelang maupun Wonosobo dsb.


Informasi Pengembangan MBS:
Program MBS di SDN 1 Ratamba dilaksanakan berawal dari studi banding di SDN Randegan Kec. Wangon Banyumas. sekarang SD kami telah merangkak naik menuju sukses. bahkan dalam 1 tahun terakhir SDN 1 Ratamba mampu mendominasi seluruh kejuaraan / lomba-lomba di tingkat Kecamatan Pejawaran. mulai dari POPDA, Mapel, LCC dan MAPSI. Kami selalu Juara UMUM. Pengembangan sekolah secara pasti menuju pada sekolah yang sehat, dinamis dan ideal sesuai dengan visi kami yaitu SIMPATIK (Santun, Iman, Prestasi dan Cantik)


Informasi Pengembangan PAKEM:
Kami telah memiliki sebuah perangkat untuk pembelajaran Individual di dalam kelas. kami menyebutnya dengan "BUKU BERDIKARI". Dengan buku ini


Informasi Pengembangan PSM:
PSM tetap meningkat walapun ada dana BOS. Peran Serta masyarakat tidak sekedar sumbangan pemikiran, tenaga dan dana, namun juga komitmen bersama untuk mewujudkan Sekolah yang TERBAIK DI KECAMATAN PEJAWARAN.

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: drs meddi sucahyo w
Saya Guru di smp negeri 6 sidoarjo
Tanggal: 29 september 2006
Jenis Pengembangan: mbs
Sekolah Saya: Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Alamat Sekolah: Jl Rangkah Lor - bluru Kidul No 1 Sidoarjo
Informasi Pengembangan Sekolah:
Syukur Alhamdulillah, meski agak terlambat karena Sekolah rintisan (baru), Interprestasi dan implementasi tentang pengembangan sekolah sudah mulai berjalan dengan baik. namun ada satu yang kami di TIM Perencana Pengembangan Sekolah jadi nggak PD (percaya Diri). kurangnya Acuan (selain panduan penyusunan RPS dari SSN), nah kalau ada mau dan terima kasih sebelumnnya.


Informasi Pengembangan MBS:
MBS, interprestasi di semua guru belum merata , jadi kami bersama teman-teman merencanakan sosialisasi dan implementasi yang kalo bisa se effektif dan seefisien mungkin. Itu dari sisi yuridis formal, tapi kalau defakto Alhamdulillah sudah. tinggal optimalisasinya aja.... gitu loooh...


Informasi Pengembangan PAKEM:
Pakem baik yuridis formal maupun defakto Siiip... sampun berjualan. tinggal optimalisasinya


Informasi Pengembangan PSM:
PSM, mulai dulu sampe sekarang udah berjalan sesuai dengan perkembangan yang ada, cumaaann ... ! bantuin donk ! nyari tambahan sumber dana... biar sekolah ini bisa bener-bener jadi suatu lembaga yang bener-bener-ner-ner-ner ! menyiapkan masa depan anak bangsa negeriku yang suangat-ngat-ngat ! kucintai ini ! Tanks

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: untoro
Saya Guru di SMK Negeri 1Salatiga
Tanggal: 26 Desember 2006
Jenis Pengembangan: Alhamdulillah sejak tahun 2004 kami melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan MBS ini anak-anak lebih senang dan merasa enjoy sehingga pelajaran yang selama ini dianggap monoton untuk kepentingan akherat saja tidak lagi dirasakan. Anak-anak lebih aktif dalam kegiatan keagamaan di Sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Orang tua merasa lebih diperhatikan karena selalu dilibatkan dalam penilaian terhadap perilaku keagamaan putra-putrinya. Hal ini tentunya didukung dari semua pihak mulai dari Kepala Sekolah selaku penanggung jawab, Waka Kurikulum, Bapak /Ibu Guru , Bapak/Ibu BP, Komite Sekolah dan tokoh masyarakat, serta didukung dengan buku mentoring yang berisi aktifitas kegiatan keagamaan baik di sekolah, di rumah, maupun di masyarakat.
Sekolah Saya: Sekolah Menengah.
Alamat Sekolah: Jl. Nakula Sadewa I/3 Salatiga 50722 Telp.(0298) 323566
Informasi Pengembangan Sekolah:



Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: RIF'AN
Saya Orangtua di GRESIK
Tanggal: 27/04/2007
Jenis Pengembangan: MBS
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: JL. Jagung Suprapto No. 5 Gresik
Informasi Pengembangan Sekolah:
Perkembangan Pendidikan di Sekolah termasuk bagus dan masuk kategori Sekolah Favorite di kota Gresik, Semua itu berkat perjuangan para guru yang mempunyai komitmen mengajar yang kuat, walaupun masih ada mata pelajaran ekstra yang pelaksanaannya tidak tepat sasaran (contoh live skill yang dikerjakan oleh orang tua murid terutama kelas 1 samapai 3).


Informasi Pengembangan MBS:
Walaupun Kepala Sekolah mengatakan kepada orang tua murid, bahwa sekolah sudah menerapkan MBS, tetapi fakta atau praktenya tidak sesuai prinsip-prinsip MBS yaitu demokratis, transparan, profesional dan akuntabel. Contoh Fakta 1. Pembentukan Komite Sekolah yang tidak mengikuti aturan sesuai Keputusan Mendiknas No. 44/U/2002, walaupun ada tuntutan dari orang tua murid untuk dilakukan Pembentukan Ulang Komite Sekolah dan Mencabut Surat Pengangkatan dan Kepala Sekolah tetap mempertahankannya. (ini termasuk penyelewengan demokrasi) 2. Dalam penambahan dan perbaikan sarana dan prasarana tidak ada program dan sasaran target yang jelas yang disosialisasikan kepada masyarakat sekolah, sehingga terkesan tidak profesional dan transparan. 3. Tidak ada laporan pertanggungjawaban sumber dan penggunaan dana yang jelas kepada masyarakat sekolah sebagai konsumen. 4. Masih banyak contoh kekurangan penerapan MBS yang tidak bisa disebutkan di forum ini.


Informasi Pengembangan PAKEM:
Pengembangan Pakem sudah agak bagus, kami merasa sudah ada penempatan tanggung jawab pekerjaan sesuai porsinya, cuma karena kurang profesionalnya sehingga terkesan tidak ada kerjasama antara guru dengan guru, guru dengan kepala sekolah, guru dengan karyawan dan karyawan dengan kepala sekolah


Informasi Pengembangan PSM:
Untuk PSM di sekolah anak saya cukup kritis dan kebanyakan berpikiran maju dan profesional, karena mereka dari berbagai lapisan masyarakat, tetapi pihak sekolah tidak bisa memanfaatkan kondisi PSM yang ada, kecuali yang bisa diajak bekerjasama secara subyektip (untuk kepentingan pribadi/kelompok)

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: YUSBAR, S.PD
Saya Dosen di MAJENE SUL-BAR
Tanggal: 1 NOVEMBER 2007
Jenis Pengembangan: pengembangan mbs
Sekolah Saya: Perguruan Tinggi.
Alamat Sekolah: jl. A.P. Pettarani No. 24. Mjene 91412
Informasi Pengembangan Sekolah:
pengembangan sekolah yang kami lakukan adalah pembinaan dan pendampingan sekolah dasar dan madrasah ibtidiyah di kabupaten majene provinsi sulawesi baratdalam hal. penataan sekolah, manajemen sekolah, dan peningkatan prestasi sekolah


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: kuswanto
Saya Mahasiswa di STMIK Amikom Yogyakarta
Tanggal: 8 November 2007
Jenis Pengembangan: minta saran & informasi
Sekolah Saya: Perguruan Tinggi.
Alamat Sekolah: Jl. Ring road utara condong catur Yogyakarta
Informasi Pengembangan Sekolah:
Dengan hormat, terdorong atas keinginan saya untuk bekerja dan mengabdi dalam dunia pendidikan maka saya mohon kepada Bpk/Ibu Guru atau siapa saja yang mempunyai info lowongan dalam dunia pendidikan sudilah kiranya untuk menginformasikan kepada saya ke nomer 081802641142 atau lewat email ke kus_one@yahoo.co.id. Sebagai bahan pertimbangan saat ini saya telah menyelesaikan studi di STMIK Amikom Yogyakarta pada program Diploma III jurusan Tek. Informatika, Besar harapan saya untuk dapat meraih cita tersebut, atas informasi yang akan diberikan kepada Bpk/Ibu?siapapun sebelumnya saya ucapkan terimakasih.. salam..


Informasi Pengembangan MBS:
Dengan hormat, terdorong atas keinginan saya untuk bekerja dan mengabdi dalam dunia pendidikan maka saya mohon kepada Bpk/Ibu Guru atau siapa saja yang mempunyai info lowongan dalam dunia pendidikan sudilah kiranya untuk menginformasikan kepada saya ke nomer 081802641142 atau lewat email ke kus_one@yahoo.co.id. Sebagai bahan pertimbangan saat ini saya telah menyelesaikan studi di STMIK Amikom Yogyakarta pada program Diploma III jurusan Tek. Informatika, Besar harapan saya untuk dapat meraih cita tersebut, atas informasi yang akan diberikan kepada Bpk/Ibu?siapapun sebelumnya saya ucapkan terimakasih.. salam..


Informasi Pengembangan PAKEM:
Dengan hormat, terdorong atas keinginan saya untuk bekerja dan mengabdi dalam dunia pendidikan maka saya mohon kepada Bpk/Ibu Guru atau siapa saja yang mempunyai info lowongan dalam dunia pendidikan sudilah kiranya untuk menginformasikan kepada saya ke nomer 081802641142 atau lewat email ke kus_one@yahoo.co.id. Sebagai bahan pertimbangan saat ini saya telah menyelesaikan studi di STMIK Amikom Yogyakarta pada program Diploma III jurusan Tek. Informatika, Besar harapan saya untuk dapat meraih cita tersebut, atas informasi yang akan diberikan kepada Bpk/Ibu?siapapun sebelumnya saya ucapkan terimakasih.. salam..


Informasi Pengembangan PSM:
Dengan hormat, terdorong atas keinginan saya untuk bekerja dan mengabdi dalam dunia pendidikan maka saya mohon kepada Bpk/Ibu Guru atau siapa saja yang mempunyai info lowongan dalam dunia pendidikan sudilah kiranya untuk menginformasikan kepada saya ke nomer 081802641142 atau lewat email ke kus_one@yahoo.co.id. Sebagai bahan pertimbangan saat ini saya telah menyelesaikan studi di STMIK Amikom Yogyakarta pada program Diploma III jurusan Tek. Informatika, Besar harapan saya untuk dapat meraih cita tersebut, atas informasi yang akan diberikan kepada Bpk/Ibu?siapapun sebelumnya saya ucapkan terimakasih.. salam..

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Drs. Nanung Sundoko
Saya Guru di SD N Boyolali 3
Tanggal: 24 November 2007
Jenis Pengembangan: Manajemen Sekolah
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: Jalan Pandanaran 391 Boyolali
Informasi Pengembangan Sekolah:
Manajemen Sekolah MBS semula ragu saya kerjakan. Sebab sekolahku terletak di jantung kota dekat terminal bus yang dekat dengan kekerasan, mabuk, dan judi. Itu terjadi tahun 2002 bulan Oktober. Namun perlahan tapi pasti SD N Boyolali 3 mulai mengembangkan diri. Pertama kali masuk sekolah sungguh prihatin dengan kondisi sarana dan prasarana. Banyak sarpras layak dipungut pemulung. Kini, sekolahku berubah total. Bahkan sering menjadi pedoman teman kepala sekolah, pernah dikunjungi dari DKI Jakarta, Kecamatan Tetangga, Kab. Blora, Madiun, dan pejabat tingkat kabupaten. Iuran tiap bulan tidak sama tetapi sesuai dengan pernyataan yang dibuat sendiri, tanpa diarah-arahkan.


Informasi Pengembangan MBS:
Untuk pengembangan MBS, banyak yang kami dapatkan. Manajemen yang kami terapkan tidak sekadar memajangkan laporan keuangan di majalah dinding. Siapapun tahu daftar penyumbang uang beserta jumlahnya, tahu asal barang, bisa diprotes bila sekolah tidak beres. Saya siap ditangkap dan dipenjara bila melakukan korupsi.Sekolah tiap awal tahun menyebar angket pada wali murid agar mereka berani ngritik sekolah. Sekolah bukan lembaga yang paling benar. Maka harus siap diprotes bahkan digugat di pengadilan bila ada dugaan melanggat hukum.


Informasi Pengembangan PAKEM:
Sejak 2002, guru kami tidak lagi mengajar ala tradisional, duduk, berceramah. Anak-anak mulai terjun ke dunia sekitar untuk belajar. Siswa di ajak ke terminal, ke pasar, ke pabrik, di trototar untuk belajar. Pelajaran tidak hanya teori. Siswa diajak wawancara dengan turis manca negara. Alat peraga tidak hanya pabrik, tapi juga dibuat ala sederhana. Prestasi siswa sungguh mengejutkan. Selama 6 tahun jadi kepala sekolah, siswa Juara I lari 300 meter TK Provinsi 2004, Juara I Menggambar TK Provinsi 2003 , Juara I Siswa Teladan TK Provinsi 2005, Juara harapan III Sinopsis TK provinsi, dan seabrek Juara Kecamatan atau Kabupaten.


Informasi Pengembangan PSM:
Masyarakat sekitar, atau orang tua yang semakin percaya dengan sekolah. Sebab Kami melakukan pendekatan dari hati-ke hati. Kami 90 % tahu nama orang tua, beserta alamat rumah, dan pekerjaannya. Sehingga masyarakat tanpa disuruh-suruh sering bertanya pada sekolah tentang hal-hal yang dibutuhkan. Masyarakat sekitar sering pula memberi bantuan gratis seperti makanan, jaminan keamanan sekolah, kebutuhan masjid, dan seterusnya.

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Amrozi, S.Fil.I.
Saya Guru di SD Wachid Hasjim 2 Surabaya
Tanggal: 27 Januari 2008
Jenis Pengembangan:
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: menur II / 68 Surabaya
Informasi Pengembangan Sekolah:
Sejak tahun ajaran 2006 / 2007 sekolah kami melaksanakan MBS, dimana unsur komite sekolah yang terdiri dari unsur Yayasan, wali murid dan guru, merencanakan tentang segala aktivitas di sekolah. Dari mulai penyusunan RAPBS sampai kegiatan. Dan ketika itu penyusunan RAPBS ditemukan terdapat kekurangan dana untuk mendukung acara tersebut. Akhirnya, komite bertekad untuk mencari donatur. Dan alhamdulillah segala kegiatan tersebut terlaksana.


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Salman
Saya Guru di Sinjai
Tanggal: 09 Maret 2008
Jenis Pengembangan: pakem
Sekolah Saya: Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Alamat Sekolah: Jl. Persatuan No. 85 Manipi, Sinjai Barat, Kab. Sinjai, Propinsi Sulawesi Selatan
Informasi Pengembangan Sekolah:
Saya sementara ini masih berusaha terus untuk mencari dan berkreasi tentang model-model yang paling tepat untuk anak didik saya, dan saya mohon bantuan untuk informasi tambahan tentang pakem ini sendiri


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya tidak setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Indra Sasangka, SE
Saya Guru di BPK PENABUR CIMAHI
Tanggal: 24 Maret 2008
Jenis Pengembangan: belajar mjd produsen,distributor,konsumen
Sekolah Saya: Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Alamat Sekolah: jl. encep kartawiria no.75
Informasi Pengembangan Sekolah:
dengan cara ini siswa bisa lebih tahu bagaimana sebenarnya produsen,distributor,konsumen yang baik dan benar dan anak-anak sangat senang dengan cara ini karena mereka membawa barang ada yang hasil olahan sendiri dan sebagainya kemudian dengan menggunakan meja perkelompok mereka memulai mempraktekkan secara bergantian dan semua kelompok mendapat bagian sebagai produsen, distributor dan konsumen


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: TY Raharja, S.Pd
Saya Guru di SD ISLAM NASIMA
Tanggal: 8 April 2008
Jenis Pengembangan: MBS + PAKEM
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: Jl. Puspanjolo Selatan no. 53 Semarang Barat
Informasi Pengembangan Sekolah:
Terus menerus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman dan sesuai dengan visi dan misi sekolah.Apalagi sekolah islam Nasima ini mengacu dengan perkembangan dunia pendidikan dan usaha. oleh karena itu sekolah ini selalu menerapkan penggunaan beberapa bahasa. bahasa jawa, inggris, arab, dan mandarin.


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: WITO EFNDI
Saya Guru di SD.AL-IRSYAD BONDOWOSO
Tanggal: 21 April 2008
Jenis Pengembangan: PAKEM
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: Jalan Imam Bonjol I/37 Bondowoso
Informasi Pengembangan Sekolah:
Alhamdulillah di sekolah kami proses pembelajarannya menekankan pada model student centered sehingga siswa diberi kebebabasan mengeksplorasi pikirannya dengan didampingi guru sebagai tutor.


Informasi Pengembangan MBS:
MBS Dilaksakan denganmelibatkan seluruh kompenen pendidikan di lingkungan sekolah baik dari yayasan, ortu, Ks, dan guru. dengan MBS beban terasa ringan.


Informasi Pengembangan PAKEM:
Proses pembelaajaran senantiasa di lakukan pendampingan sebagai upaya optimalisasi PAKEm


Informasi Pengembangan PSM:
Masyarakat sekitar, atau orang tua yang semakin percaya dengan sekolah. Sebab Kami melakukan pendekatan dari hati-ke hati dan bersifat terbuka

Saya tidak setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Tantan Rustandi
Saya Guru di SLB B Karnnamanhara, jl. Pandean 2, Gang Wulung, Condongcatur, depok, Sleman, ogyakarta
Tanggal: 25 April 2008
Jenis Pengembangan:
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: SLB B Karnnamanohara, Khusus Tunarungu, Jl. Pandean 2, Gang Wulung, Condongcatur, depok, Sleman, Yogyakarta Telp. 0274-7471326 Hp. 087838228388680
Informasi Pengembangan Sekolah:
SLB B Karnnamanohara adalah sekolah khusus tunarungu. Layanan yang diberikan dari layanan PAUD (usia 1;8 th sd. 4 th) kemudian layanan pra sekolah/ TK (usia 4 sd. 6 th), sekolah dasar SDLB (usia 6 sd. 14 th). Pada tahun 2009 kami merencanakan untuk membuka sekolah menengah pertama (SMP). Kami menggunakan metoda pembelajaran oral-aural. Artinya anak-anak tunarungu tidak diajari isyarat, tetapi bahasa verbal.


Informasi Pengembangan MBS:
MBS memang label yang diberikan oleh pemerintah, namun demikian sekolah kami yang belum mensosialisasikan label MBS tersebut secara formal kepada para orang tua sebenarnya sudah menerapakan prinsip MBS, seperti demokratis, transparansi, akuntability, dan profesional dalam pengelolaan sekolah, hal tersebut terdorong oleh rasa keinginan agar sekolah yang kami dirikan pada tahun 2000 ini menjadi sekolah harapan masyarakat.


Informasi Pengembangan PAKEM:
Quality learning di SLB B Karnnamanohara ditunjukan dengan pemilihan Metoda Mathernal Reflektif (MMR)Ciri utama dalam metoda ini menempatkan anak sebagai orang yang perlu tahu bahwa mereka sedang belajar (melakukan proses) dan menempatkan guru sebagai orang yang berperan ganda (pendamping sekaligus teman dalam menempuh proses). Gaya aktivitas pembelajaran di kelas adalah dengan pendekatan VAKT (visual, auditori, Kinestetik dan taktil). Semua anak harus terlibat dalam proses, baik kelompok-kelompok maupun indinvidu (tidak ada ceramah).Pendekatan kami dengan eksplorasi, kolaburasi dan konfirmasi. Satu bulan sekali setiap kelas mengadakan kunjungan ke sumber belajar di luar kelas dan satu minggu sekali setiap kelas membuat learning log.


Informasi Pengembangan PSM:
Peran serta masyarakat sangat baik. Sejak awal kami sudah membagi tugas dengan para orang tua. Kami tidak melabeli dengan istilah BP3 atau POMG atau komite. Namun kami telah bekerja membagi porsi masing-masing. Sekolah konsentrasi kepada operasional dan hasil pembelajaran, sedangkan orang tua konsentrasi kepada pendanaan.

Saya tidak setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Salman
Saya Guru di Sinjai
Tanggal:
Jenis Pengembangan: pakem
Sekolah Saya: Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Alamat Sekolah: Jl. Persatuan No. 85 Manipi, Sinjai Barat, Kab. Sinjai, Propinsi Sulawesi Selatan
Informasi Pengembangan Sekolah:
Saya sementara ini masih berusaha terus untuk mencari dan berkreasi tentang model-model yang paling tepat untuk anak didik saya, dan saya mohon bantuan untuk informasi tambahan tentang pakem ini sendiri


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya tidak setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Indra Sasangka, SE
Saya Guru di BPK PENABUR CIMAHI
Tanggal: 24
Jenis Pengembangan: belajar mjd produsen,distributor,konsumen
Sekolah Saya: Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Alamat Sekolah: jl. encep kartawiria no.75
Informasi Pengembangan Sekolah:
dengan cara ini siswa bisa lebih tahu bagaimana sebenarnya produsen,distributor,konsumen yang baik dan benar dan anak-anak sangat senang dengan cara ini karena mereka membawa barang ada yang hasil olahan sendiri dan sebagainya kemudian dengan menggunakan meja perkelompok mereka memulai mempraktekkan secara bergantian dan semua kelompok mendapat bagian sebagai produsen, distributor dan konsumen


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: TY Raharja, S.Pd
Saya Guru di SD ISLAM NASIMA
Tanggal: 8 April 2008
Jenis Pengembangan: MBS + PAKEM
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: Jl. Puspanjolo Selatan no. 53 Semarang Barat
Informasi Pengembangan Sekolah:
Terus menerus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman dan sesuai dengan visi dan misi sekolah.Apalagi sekolah islam Nasima ini mengacu dengan perkembangan dunia pendidikan dan usaha. oleh karena itu sekolah ini selalu menerapkan penggunaan beberapa bahasa. bahasa jawa, inggris, arab, dan mandarin.


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Sri Purwaningtyas
Saya Guru di Surakarta
Tanggal: 25 Mei 2008
Jenis Pengembangan:
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: SD Karangasem III Surakarta
Informasi Pengembangan Sekolah:
SD Karangasem III sejak Tahun Pelajran 2006- 2007 menerapkan MBS,alhamdulillah yang paling terasa peran serta masyarakat, mereka sekarang senang ke sekolah, menanyakan bagaimana perkembangan anak- anaknya,dan tidak segan- segan ketika sekolah mengadakan kerja bakti untuk orang tua siswa,mereka hadir berbondong- bondong untuk membersihkan lingkungan sekolah. SD Karangasem III adalah SD di kota Surakarta yang berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo,kabupaten Boyolali, kabupaten Karanganyar.


Informasi Pengembangan MBS:
MBS di SD Karangasem III mulai nampak,diawali dengan manajeman yang terbuka,yaitu dengan pemajangan RAPBS di papan pajangan yang bisa dibaca masyarakat. Pembuatan kontrak tata tertib guru, yang dibuat bersama antara guru dan KS.


Informasi Pengembangan PAKEM:
PAKEM, meski dengan tertatih- tatih, kami berusaha untuk mempraktikan, seperti pembelajaran di luar kelas, mengamati kegiatan di lingkungan RT, percobaan sederhana, sudut baca di tiap kelas, membuat lagu- lagu untuk sarana mengenal nama- nama propinsi di Indonesia.


Informasi Pengembangan PSM:
sekolah milik masyarakat, jadi sekarang kalau diundang ke sekolah tidak segan- segan mereka datang. begitu pula steak_holdernya, SD Karangasem III alhamdulillah telah memiliki mushola sehingga anak anak bisa praktik sholat di sekolah, ini semua berkat peran serta masyarakat dan steak_holder

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Kristian Edi Suseno
Saya Orangtua di Desa Gonohop kec. Bunta.Kab. Banggai Pro.Sulteng
Tanggal: 3 Juli 2008
Jenis Pengembangan: PAKEM
Sekolah Saya: Sekolah Menengah.
Alamat Sekolah: desa Gonohop
Informasi Pengembangan Sekolah:
Di sekolah kami sekarang baru melakukan pembenahan baik secara fisik dan juga sedang membangun kapasitas guru dalam proses pembelajaran khusunnya penerapa strategi PAKEM


Informasi Pengembangan MBS:
di SD ini kepala sekolahnnya baru mendapat pelatihan MBS, sistem pengelolaan sekolahnnya juga sudah mulai transparansi,hanya RAPB belum di pajang


Informasi Pengembangan PAKEM:
PAKEM : Di sekolah kami beberapa guru telah mendapatkan peltihan PAKEM, awalnya satu guru dan sekarang sudah mengimbas kepada semua guru di kels 1 sampai kelas 6, ada perbedaan yang sangat menarik sebelum dan sesudah menerapkan pembelajaran pakem.....khususnnya anak -anak sekarang lebih suka ke sekolah dan mulai kreatif,karena guru sudah semakin mencintai anak-anak (tidak marah-marah seperti dulu)


Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Kristian Edi Suseno
Saya Orangtua di Desa Gonohop kec. Bunta.Kab. Banggai Pro.Sulteng
Tanggal: 3 Juli 2008
Jenis Pengembangan: PAKEM
Sekolah Saya: Perguruan Tinggi.
Alamat Sekolah: desa Gonohop
Informasi Pengembangan Sekolah:
Di sekolah kami sekarang baru melakukan pembenahan baik secara fisik dan juga sedang membangun kapasitas guru dalam proses pembelajaran khusunnya penerapa strategi PAKEM


Informasi Pengembangan MBS:
di SD ini kepala sekolahnnya baru mendapat pelatihan MBS, sistem pengelolaan sekolahnnya juga sudah mulai transparansi,hanya RAPB belum di pajang


Informasi Pengembangan PAKEM:
PAKEM : Di sekolah kami beberapa guru telah mendapatkan peltihan PAKEM, awalnya satu guru dan sekarang sudah mengimbas kepada semua guru di kels 1 sampai kelas 6, ada perbedaan yang sangat menarik sebelum dan sesudah menerapkan pembelajaran pakem.....khususnnya anak -anak sekarang lebih suka ke sekolah dan mulai kreatif,karena guru sudah semakin mencintai anak-anak (tidak marah-marah seperti dulu)


Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Salman
Saya Guru di Sinjai
Tanggal:
Jenis Pengembangan: pakem
Sekolah Saya: Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Alamat Sekolah: Jl. Persatuan No. 85 Manipi, Sinjai Barat, Kab. Sinjai, Propinsi Sulawesi Selatan
Informasi Pengembangan Sekolah:
Saya sementara ini masih berusaha terus untuk mencari dan berkreasi tentang model-model yang paling tepat untuk anak didik saya, dan saya mohon bantuan untuk informasi tambahan tentang pakem ini sendiri


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya tidak setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Indra Sasangka, SE
Saya Guru di BPK PENABUR CIMAHI
Tanggal: 24
Jenis Pengembangan: belajar mjd produsen,distributor,konsumen
Sekolah Saya: Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Alamat Sekolah: jl. encep kartawiria no.75
Informasi Pengembangan Sekolah:
dengan cara ini siswa bisa lebih tahu bagaimana sebenarnya produsen,distributor,konsumen yang baik dan benar dan anak-anak sangat senang dengan cara ini karena mereka membawa barang ada yang hasil olahan sendiri dan sebagainya kemudian dengan menggunakan meja perkelompok mereka memulai mempraktekkan secara bergantian dan semua kelompok mendapat bagian sebagai produsen, distributor dan konsumen


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: TY Raharja, S.Pd
Saya Guru di SD ISLAM NASIMA
Tanggal: 8 April 2008
Jenis Pengembangan: MBS + PAKEM
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: Jl. Puspanjolo Selatan no. 53 Semarang Barat
Informasi Pengembangan Sekolah:
Terus menerus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman dan sesuai dengan visi dan misi sekolah.Apalagi sekolah islam Nasima ini mengacu dengan perkembangan dunia pendidikan dan usaha. oleh karena itu sekolah ini selalu menerapkan penggunaan beberapa bahasa. bahasa jawa, inggris, arab, dan mandarin.


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Sri Purwaningtyas
Saya Guru di Surakarta
Tanggal: 25 Mei 2008
Jenis Pengembangan:
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: SD Karangasem III Surakarta
Informasi Pengembangan Sekolah:
SD Karangasem III sejak Tahun Pelajran 2006- 2007 menerapkan MBS,alhamdulillah yang paling terasa peran serta masyarakat, mereka sekarang senang ke sekolah, menanyakan bagaimana perkembangan anak- anaknya,dan tidak segan- segan ketika sekolah mengadakan kerja bakti untuk orang tua siswa,mereka hadir berbondong- bondong untuk membersihkan lingkungan sekolah. SD Karangasem III adalah SD di kota Surakarta yang berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo,kabupaten Boyolali, kabupaten Karanganyar.


Informasi Pengembangan MBS:
MBS di SD Karangasem III mulai nampak,diawali dengan manajeman yang terbuka,yaitu dengan pemajangan RAPBS di papan pajangan yang bisa dibaca masyarakat. Pembuatan kontrak tata tertib guru, yang dibuat bersama antara guru dan KS.


Informasi Pengembangan PAKEM:
PAKEM, meski dengan tertatih- tatih, kami berusaha untuk mempraktikan, seperti pembelajaran di luar kelas, mengamati kegiatan di lingkungan RT, percobaan sederhana, sudut baca di tiap kelas, membuat lagu- lagu untuk sarana mengenal nama- nama propinsi di Indonesia.


Informasi Pengembangan PSM:
sekolah milik masyarakat, jadi sekarang kalau diundang ke sekolah tidak segan- segan mereka datang. begitu pula steak_holdernya, SD Karangasem III alhamdulillah telah memiliki mushola sehingga anak anak bisa praktik sholat di sekolah, ini semua berkat peran serta masyarakat dan steak_holder

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Kristian Edi Suseno
Saya Orangtua di Desa Gonohop kec. Bunta.Kab. Banggai Pro.Sulteng
Tanggal: 3 Juli 2008
Jenis Pengembangan: PAKEM
Sekolah Saya: Sekolah Menengah.
Alamat Sekolah: desa Gonohop
Informasi Pengembangan Sekolah:
Di sekolah kami sekarang baru melakukan pembenahan baik secara fisik dan juga sedang membangun kapasitas guru dalam proses pembelajaran khusunnya penerapa strategi PAKEM


Informasi Pengembangan MBS:
di SD ini kepala sekolahnnya baru mendapat pelatihan MBS, sistem pengelolaan sekolahnnya juga sudah mulai transparansi,hanya RAPB belum di pajang


Informasi Pengembangan PAKEM:
PAKEM : Di sekolah kami beberapa guru telah mendapatkan peltihan PAKEM, awalnya satu guru dan sekarang sudah mengimbas kepada semua guru di kels 1 sampai kelas 6, ada perbedaan yang sangat menarik sebelum dan sesudah menerapkan pembelajaran pakem.....khususnnya anak -anak sekarang lebih suka ke sekolah dan mulai kreatif,karena guru sudah semakin mencintai anak-anak (tidak marah-marah seperti dulu)


Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Drs. Purwanto
Saya Guru di Balikpapan
Tanggal: 21
Jenis Pengembangan: pakem
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: Jalan Sekolah No. 1 Balikpapan
Informasi Pengembangan Sekolah:
Sekolah saya sudah lama menerapkan pakem. Guru-guru dituntut untuk selalu inovatif. Semua keperluan pembelajaran dapat dipenuhi sekolah dengan baik. Sekolah saya berbasisi multimedia. Di setiap kelas ada komputer, jaringan internet juga sudah ada.


Informasi Pengembangan MBS:



Informasi Pengembangan PAKEM:



Informasi Pengembangan PSM:


Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Aryani Istiati E.P.
Saya Guru di SD Banyuanyar I
Tanggal: 5 Oktober 2008
Jenis Pengembangan: PAKEM, MBS, PSM
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: Gayamsari RT 01/ XII Banyuanyar Surakkarta
Informasi Pengembangan Sekolah:
Selain pendampingan dana BOS, sekolah kami juga mendapat bantuan DAK sehingga dari fisik sekolah sudah memenuhi syarat untuk belajar anak. Contoh : sudah ada musholla, ruang agama Kristen Katholik, ruang komputer, MCK, raung guru, ruang KS, UKS, Kantin hanya kerinduan kami yang belum terealisasi ruang khusus untuk belajar menari karena ada mapel SBK Tari


Informasi Pengembangan MBS:
SD kami merupakan salah satu rintisan yang pertama MBS di kecamatan Banjarsari selain kecamatan Serengan sejak tahun ajaran 2000 / 2001 sekolah kami merupakan embrio MBS bahkan pernah ditinjau langsung dari perwakilan UNICEF dari Australia ternyata setelah menerapkan MBS SD kami semakin melaju, meningkat, prestasi baik akademis maupun non akademis. Waktu review MBS 2 Agustus di SD Manahan sekolah kami penilaian manajemen dan PAKEM serintisan MBS berhasil meraih ranking 1. Sayangnya....... Tahun ajaran 2007 / 2008 ada pergantian KS yang belum mengenal apa itu MBS.


Informasi Pengembangan PAKEM:
Sebelum booming PAKEM sekolah kami sudah sering mengadakan pembelajaran di luar secara langsung ke pabrik, ke bandara, ke museum sebagai wujud anak mengenal secara langsung sumber pembelajaran sebenarnya. Ternyata anak antusias bahkan 2 siswa kami berhasil mewakili sepakbola anak ke australia. Gurunya saja belum pernah kesana.


Informasi Pengembangan PSM:
Dengan dibentuknya paguyuban kelas sebagai jembatan komunikasi antara guru dan masyarakat, guru dan orang tua bahkan orang tua murid bisa di ajak untuk kerjasama memajukan sekolah.

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Nama & E-mail: Sri Purwaningtyas
Saya Guru di SD Karangasem 3
Tanggal: 20 November 2008
Jenis Pengembangan: PAKEM
Sekolah Saya: Sekolah Dasar.
Alamat Sekolah: karangasem RT 1 RW 4
Informasi Pengembangan Sekolah:
SD Karamgasem 3 dengan MBS tetap semangat untuk mewujudkan 3M pendidikan, Murah Mutu Merata sehingga anak2 di sekitar SD Karangasem 3 bisa sekolah dengan mendapatkan pelayanan yang optimal dari para pengasuh insan2 pendidik,dan mewujudkan cita2 pendidikan di Indonesia manusia cerdas trampil cinta tanah air. terima kasih kepada ortu SD Karas 3 yg memilih SDKaras 3,mari kita bergandengan tangan saling dukung demi putra putri kita semua.alhmdlah tahun ini klas 1 berjumlah 40 siswa,inilah yang menambah semangat kpd kami untuk betul2 bisa melayani anak2 secara optimal.maju bersama MBS.


Informasi Pengembangan MBS:
manajemen terbuka membuat semangat semua warga SD Karas 3. PAKEM mulai menggeliat, utamanya di klas 6,bravo untuk b.leliy,ayo semangat tuk PAKEM nya, jangan segan2 untuk percobaannya, biar anak2 tambah senang dg PAKEM, klasnya dimeriahkan dg sumber belajar ya...... PSM........ok, sekarang ortu sregep ke sekolah,sering ikut membersihkan klas juga nambah tanaman hias di sekolah......matur nuwun Ibu Bapak......tambah hangat aja


Informasi Pengembangan PAKEM:
kapan ya kita adakan workshop khusus pembuatan alat peraga untuk tiap kelas agar kita bisa menanamkan konsep kepada siswa2 kita. Pelaksanaan Pakem masih harus banyak menggali potensi guru,ya maklum masih banyak konvensionalnya.......suabarrrr tapi kami optimis untuk melaksanakan PAKEM secara optimal meski harus jatuh bangun untuk mewujudkan cita2 itu........


Informasi Pengembangan PSM:
PSM Karas 3 wuah hebat....atas kerjasamanya kami sudah brhasil mewujudkan gedung unit 1,atas bantuan APBD Dati 1 dan APBD Dati II sudah beratap genting bukan asbes,pakai eternit,lantai keramik yg merah jambu membuat nyaman siswa Karas 3 dalam belajar. Kami ucapkan hatur nuhun.........siapa tahu ada steak holder yang ingin bershodaqoh untuk Karas 3........

Saya setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network.


Terima Kasih
Kembali ke FORUM

We need your help!
Mohon mengirim informasi perkembangan sekolah lewat formulir ini atau ke:



[ HOME ]


Updated